I’m Addicted to Video Essay

Apa itu video essay?

Video essays are written essays that are read aloud and mixed with a stream of images, sound, or video. They often explore topics in an subjective or poetic manner. – Remix (University of Notre Dame Web)

Ya, paling tidak penjelasan di atas cukup ringkas dan jelas. Jadi video essay itu ya… esai dalam bentuk video, dimana narasi yang dijelaskan didukung dengan gambar, video, dan audio yang mendukung argumennya.

Sebagai orang yang mempunya tingkat literasi pas-pasan, secara saya baca 1 buah novel setebal 200-400 halaman rata-rata perlu 1 bulan, hal ini sangat membantu saya untuk menjadi lebih cerdas. :)) duh malu ya.. jangan bully bully saya please. Memang buat saya jauh lebih enak menonton dan mendengarkan hal yang ingin kita tahu, daripada saya harus ubek-ubek buku, dan melakukan ritual membalik halaman buku. Lebih lagi saya biasanya punya waktu membaca sebelum tidur, jadi daripada buku saya pun lebih suka membaca dari ebook/pdf. Jika anda sekalian ingin menggalang dana agar tabungan saya lekas genap untuk membeli Amazon Kindle silakan hubungi…. *keburu dicekek sebelum menyelesaikan kalimat himbauan*

Selain alasan TL;DR (Too Long; Don’t Read), Saya juga merasa kalau menonton esai itu lebih cepat masuknya di kepala. Yha sechyaraaaaa… memang dari dulu sudah banyak yang membuktikan bahwa gambar dan suara yang menarik itu dapat mempercepat kinerja otak kita menyerap informasi. Jadi gimana tuh guru dan dosen yang masih monoton aja ngajarnya di sekolah dan universitas?

mind blowon!

Nah saya pun ada channel youtube yang memiliki video essay berkualitas, juga variasi dari video essay tersebut.

1. The Nerd Writer

Channel yang dimiliki oleh Evan Puschak ini adalah favorit saya. Mas evan selalu membuat esai yang komprehensif. Topik yang sering diangkat adalah tentang seni, film, novel, kadang-kadang juga tentang politik. Enaknya esai yang dia buat adalah walaupun Pembahasannya dalam & detail tapi bahasa yang digunakan selalu ringan.

2. Kurzgesagt – In a Nutshell

Di channel ini kita akan menemukan animasi-animasi yang lucu menggemaskan dengan warna yang mencolok mata & desain minimalis. Walau begitu, topik yang diangkat lumayan berat yaitu tentang sains dan sosial politik.

3. Life Noggin

Channel ini nampaknya tidak mempunyai topik khusus yang diangkat. Video yang dibuat mempertanyakan semua kejadian di kehidupan kita, dari yang pelik sampai yang sangat sepele. Animasi yang disajikan mirip dengan In a Nutshell tapi saya kurang menyukai channel ini karena kadang humornya annoying atau kentang. -_-

4. Real Engineering

Nggak paham kenapa saya subscribe ke channel ini awalnya karena saya kan bukan anak tehnik atau engineer ya… Tapi setiap saya menonton video dari channel ini saya benar-benar terkesima dengan kerumitan tehnik dalam suatu objek, kendaraan, bangunan, dan hal-hal industrial lainnya.

5. Kalo kamu Hobi Fotografi Digital & Film.

Oke, di sini saya jadikan kategori saja karena ini memang salah satu hobi saya hehehe

Eduardo Pavez Goye

Mas eduardo ini cukup lihai dalam fotografi analog. Tapi nggak yang wow gimana banget sampe punya studio sendiri. Video yang dibuat, selain review, juga menjelaskan bagaimana mengolah film seluloid (negatif), jenis film yang bagus apa, dan banyak hacks yang lainnya.

DSLR Guide

Nah kalo kamu suka dengan sinematografi, ingin membuat filem walau mungkin masih kecil-kecilan, bisa banget susbcribe ke channel ini. Di channel ini saya belajar tentang pengaturan cahaya dan kamera profesional, channel ini juga memberi pencerahan pada saya bahwa peralatan yang kita punya tidak masalah namun yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat memaksimalkan keterbatasan dan fitur yang ada dari  peralatan yang kita miliki.

Other Honorable Mentions

Sebenernya buanyak sekali yang saya subscribe di youtube, nggak mungkin saya list semua dan kadang juga tidak selalu bagus video atau topiknya. Atau beberapa di bawah ini adalah hasil berkelana di tab rekomendasi youtube.

VOX

Sebagai salah satu situs berita yang dipercaya, vox kadang juga menyajikan video untuk berita/pembahasan yang lebih menarik.

Great Big Story

Videonya boleh pendek, tapi cerita yang diangkat selalu menarik.

Channel Kriswell

Kalo boleh dibilang ini adalah salah satu yang penyajiannya seperti Nerd Writer, tapi buat saya pribadi kadang-kadang topik yang diangkat Om Kriswell ini terlalu dark atau… nda bisa relate aja.

kadang-kadang video essay juga tidak perlu narasi untuk menjelaskannya. seperti contoh dibawah ini:

Atau bisa jadi sangatlah receh

Wow… Saya sudah bikin list dan ngoceh panjang banget ya. Semoga video yang saya share ini memperluas khazanah pengetahuan kalian heuheheu… Kalian sendiri apakah menyukai video essay? Kalo suka, video atau channel apa yang kalian sering tonton?

1 Comment

  1. *Mampir.*
    “Yaaaaah belum ada update lagi…”
    *Kembali bepergian.*

Leave a Reply